Macaroon: Kue Warna-warni yang Lucu dan Lezat

Macaron adalah kue mungil yang berasal dari Perancis. Bahan baku utama kue ini adalah putih telur, almond bubuk, gula, dan pewarna makanan. Bentuk macaron yang bulat kecil dan berwarna-warni sesuai dengan rasanya menjadi ciri khas yang sangat mencolok. Ciri khas macaron yang lain adalah ketika digigit tekstur macaron sangat renyah diluar, tetapi di dalamnya ada krim lembut yang lumer dimulut. Cita rasa macaron di dominasi oleh rasa gurih almond yang berpadu dengan rasa manis isi krim. Rasanya pun bermacam-macam ada vanilla, coklat, kopi, serta rasa buah-buahan.

Tentu tidak mudah membuat kue dengan tampilan unik dan rasa yang memukau seperti ini. Dibutuhkan ketekunan, kesabaran, dan keahlian khusus untuk membuatnya. Menurut chef terkemuka, macaron yang baik adalah macaron yang memiliki tekstur yang renyah agak padat, dan sewaktu digigit ada moist dan chewy yang lumer di mulut. Pada dasarnya, bahan, peralatan, dan cara membuat macaron sama dengan teknik membuat schuimpjes dan meringue (adonan putih telur).  Bedanya, macaron selalu menggunakan bubuk almond dan dipanggang tidak sampai terlalu kering seperti cookies. Ada tiga teknik khusus yang digunakan untuk membuat macaron, yaitu French Meringue, Swiss Meringue, dan Italian Meringue.

Macaron sudah diperkenalkan di Jakarta sejak tahun 2002. Seiring dengan bertambahnya pecinta cookies yang menggemari macaron, semakin bertambah pula toko kue dan pastry yang menawarkan produk ini. Saat ini, kita dapat menemukan macaron di toko-toko kue terkemuka di kota besar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s