Tips Membuat Ketupat Empuk dan Tahan Lama

Siang Food lovers, kali ini kita mau share tips membuat ketupat empuk dan tahan lama. Dimana, bagi umat muslim ketupat merupakan makanan wajib saat dan menjelang lebaran.

Hayoo siapa yang sekarang lagi masak ketupat. Pastikan ya kalian membuatnya dengan benar, yuk cek tips berikut!

Takaran Beras

Beras yang akan digunakan untuk ketupat sebaiknya direndam selama 30 menit lalu ditiriskan. Jika Anda menggunakan beras pulen, isikan 2/3 bagian saja pada selongsong ketupat. Kalau berasnya sedikit pera, isikan 1/3 bagiannya saja.

Merebus dengan Panci Biasa

Kalau Anda menggunakan panci biasa, pilih panci besar. Kemudian isi air dan masak hingga air mendidih. Baru setelah itu, masukkan ketupat yang sudah diisi beras. Kalau air menyusut, tambahkan lagi air mendidih supaya suhunya tetap stabil.

Dengan cara ini, Anda bisa butuh waktu 4-5 jam sampai ketupat benar-benar empuk dan masak. Setelah ketupat matang, tiriskan lalu angin-anginkan terlebih dahulu supaya ketupat lebih tahan lama.

Merebus dengan Panci Presto

Siapkan panci presto yang sudah diisi air. Pastikan ketupat berisi beras yang dimasukkan bisa terendam sempurna di dalam air. Kemudian masak hingga mendidih (ditandai dengan bunyi nyaring yang keluar dari panci presto). Kecilkan api, kemudian biarkan masak lagi selama 1 jam dengan api sedang.

Sebelum membuka tutup panci presto, keluarkan uap dari panci presto. Caranya? Mudah sekali kok, Anda tinggal mengganjal besi yang ada di tutup panci menggunakan sendok atau benda lainnya. Setelah uap sudah keluar semua, buka tutup panci. Ambil ketupatnya, tiriskan lalu gantung atau angin-anginkan hingga dingin.

Cara Penyimpanan

Anda bisa menyimpan ketupat dalam kulkas dengan membungkusnya menggunakan plastik terlebih dahulu. Untuk menghangatkannya kembali, Anda bisa mengukusnya (jangan direbus, ya Foodlovers). Ketupat yang masih utuh lebih tahan lama dibandingkan ketupat yang sudah dipotong.

Sumber: Vemale.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s